Megahnya Tugu Rato Nago Bersanding Tubaba - Males Megawe
News Update
Loading...

Sunday, September 15, 2019

Megahnya Tugu Rato Nago Bersanding Tubaba

males megawe - Tugu Rato Nago Bersanding Tubaba

Males Megawe - Tugu Ratu Naga Bersanding yang terletak dipertigaan Panaragan Kagungan Ratu, menjadi daya tarik baru Tulang Bawang Barat ( Tubaba ). Tugu Ratu Naga Bersanding yang dikendarai oleh raja dan ratu atau ada juga yang menyebut mereka pengantin adat lampung dibangun dengan detail yang sangat tinggi sehingga tidak salah tugu ini menjadi salah satu Icon Tubaba.

males megawe - Tugu Rato Nago Bersanding Tubaba

Tugu Ratu Naga Bersanding Tubaba

Sejarah Tugu Ratu Naga Bersanding Tubaba

Tugu Ratu Naga Bersanding ini dibangun pada tahun 2015 oleh ide dari Bupati Umar Ahmad dan Fauzi Hasan sebagai wakil bupati tubaba. Tugu tersebut menggambarkan adat istiadat Mego Pak Tulang Bawang dalam melakukan begawi adat lampung untuk mendapatkan gelar adat atau nama baru dalam adat lampung.

Payung tiga tingkat yang menjadi ornamen tugu tersebut memiliki makna tersendiri yaitu Payung tingkat paling bawah melambang suku, payung tingkat kedua melambangkan kampung atau desa, sedangkan payung tingkat paling atas melambangkan marga.

Dengan ornamen payung tiga tingkat diatas kereta kencana memiliki arti pelaksanaan adat disepakati oleh tokoh adat suku, tiyuh ( kampung), dan marga.

Dengan adanya tugu tersebut diharapkan masayarakat Lampung khususnya tulang bawang barat bisa menjaga persatuan selayaknya tatakrama adat budaya Lampung.

males megawe - Tugu Rato Nago Bersanding Tubaba

Mitos Tugu Ratu Naga Bersanding Tubaba


Pada tahun 2018 yang lalu ramai dibicarakab bahwa tugu ratu naga bersanding bergeser kurang lebih 50 Cm dari lokasi semula. Fenomana ini sampai dengan saat ini belum ada konfirmasi benar tidaknya berita tersebut.,

Map Tugu Ratu Naga Bersanding Tubaba


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done