Kuliner Ekstrim Belalang Goreng - Males Megawe
News Update
Loading...

Friday, December 6, 2019

Kuliner Ekstrim Belalang Goreng

MalesMegawe - Gunungkidul yang naik daun berkat pantai-pantai berpasir putihnya ini ternyata juga menambah perbendaharaan makanan khas Jogja yang cukup unik, yaitu kuliner ekstrim belalang atau walang goreng. Walaupun belum seterkenal gudeg, belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul yang mulai mencuri perhatian seiring banyaknya warga yang mengolah belalang menjadi lauk yang lezat. Penjual belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang perjalanan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul. Mereka biasanya berjualan dengan kios - kios kecil.
malesmegawe.com - Kuliner Ekstrim Belalang Goreng

Walang yang dalam bahasa Indonesia berarti belalang, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Gunung Kidul. Belalang yang merupakan hama bagi tanaman, dan salah satu penyebab dari gagal panennya para petani, ternyata hewan yang kaya akan protein.

Terlebih lagi, kandungan gizi yang terdapat dalam belalang ternyata tidak kalah dibandingkan dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi. Menurut sebagian besar orang yang sudah pernah merasakan belalang goreng, rasa belalang ternyata hampir mirip dengan rasa udang.

Menurut pengakuan penjual yang team MMDC jumpai, belalang-belalang ini bukanlah berasal dari wilayah Purwodadi, Cepu maupun Blora, melainkan didatangkan dari wilayah Gunung Kidul-Yogyakarta. Belalang ini meraka tangkap dari hutan jati wilah Gunung Kidul Yogyakarta. Satu kilogram belalang hidup dijual dengan harga Rp80.000 - Rp135.000. Sedangkan belalang matang dijual per ons (100 gr) dengan harga Rp25.000 - Rp35.000.

Map Lokasi Penjual Belalang Goreng 


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done