Tugu Jogja Golong Gilig - malesmegawe.com
News Update
Loading...

August 18, 2019

Tugu Jogja Golong Gilig

tugu jogja

Tugu Jogja sebagai salah satu tujuan wisata malam


Males Megawe - Tugu jogja yang terletak diantara jalan pangeran mangkubumi, jalan Jendral Soedirman, jalan A.M. Sangaji, dan jalan Diponegoro. Sampai dengan saat ini sudah hampir 3 abad berdiri satu poros imajiner antara laut selatan, keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. Menjadi daya tarik tersendiri oleh warga jogja dan wisatawan. Taman yang dibangun disekitar tugu membuat tambah menarik perhatian wisatawan untuk sekedar mengambil foto atau ngobrol santai sambil menikmati menu angkringan disekitar tugu. Tempat ini adalah salah satu tempat Iconig dari wisata jogja semakin malam semakin ramai pula pengunjungnya. Tak heran tempat ini menjadi tujuan wisata malam di jogja.

tugu jogja

Sejarah Tugu Jogja Golong Gilig


Dibangun Oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755 berbentuk golong gilig
Hancurnya Tugu Jogja Golong Gilig dengan tinggi kurang lebih 25 meter. Tiang tugu tersebut berbentuk Gilig ( Silinder ) dan pucuknya berbentuk Golong ( Bulat ).

Pada awalnya tugu ini dibangun memiliki makna " Manunggaling Kaula Gusti " yang menggambarkan semangat persatuan antara penguasa dengan rakyatnya dalam melawan penjajah. Disisi lain namun bisa diartikan sebagai hubungan Manusia dengan Sang Pencipta.

Pada tanggal 10 Juni 1867 tugu golong gilig hancur karena gempa dan dibangun kembali oleh belanda pada tahun 1889. Pembangunan kembali oleh belanda telah banyak merubah bangunan tersebut. Dari tingginya 25 meter menjadi 15 meter, bagian puncak tugu yang tadinya bulat menjadi kerucut yang runcing, dan tugu dibuat persegi tiap sudut dihiasi semacam prasti orang - orang yang terlibat dalam pembangunan tugu tersebut.

tugu jogja

Pada tanggal 3 oktober 1889 tugu tersebut diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII, semenjak saat itu tugu tersebut dikenal dengan nama De Witt Paal atau tugu putih. Jadi yang kita nikmati saat ini bukan tugu jogja namun tugu putih atau De Witt paal.

tugu jogja

tugu jogja

tugu jogja

Map lokasi Tugu Jogja / Tugu Pal Putih


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done